Adaptasi

adaptasi
Suasana malam penutupan Adaptasi

Adaptasi merupakan sebuah kegiatan kemahasiswaan yang dirancang guna menyambut mahasiswa baru setiap tahunnya. Sesuai dengan maknanya dalam bidang biologi, kegiatan adaptasi diharapkan menjadi ajang pengenalan dan pengesuaian bagi mahasiswa baru terhadap berbagai aspek kehidupan kampus, terutama kehidupan akademik.

Kegiatan ini biasanya dilaksanakan selama 2 hari. Hari pertama dilaksanakan di dalam ruangan berisikan materi-materi pengenalan kehidupan kampus (terkait mahasiswa sebagai insan akademik maupun insan sosial), akademik, prospektif keguruan dan pendidikan biologi, dan hal lain yang sejenis. Materi hari pertama ini biasanya diisi oleh dosen dan alumni atau dapat juga oleh pihak luar yang dinilai berkompeten.

Hari kedua pelaksanaan adaptasi dilaksanakan di lapangan. Acara ini berisikan berbagai game dan kegiatan pengenalan lapangan dunia biologi, misalnya dengan game menebak nama tumbuhan atau hewan, dan sejenisnya. Selain itu, acara lapangan ini juga diharapkan dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan persaudaraan baik internal mahasiswa baru maupun mahasiswa baru dengan para seniornya.

Designed & Developed by ThemeXpert