Sejarah Program Studi S-1

sejarahbio
Gedung Laboratorium dan Ruang Perkuliahan Jurusan PMIPA FKIP UR

Program Studi Pendidikan Biologi dimulai keberadaannya di Universitas Riau semenjak tahun 1967. Awalnya program studi ini disebut Jurusan Biologi Fakultas Keguruan. Jurusan ini dipercaya mendidik mahasiswa untuk jenjang Sarjana Muda hingga tahun 1978. Pada tahun 1979, dibuka program Diploma I dan II Bidang Studi IPA dan Diploma III Biologi. Program Diploma ini dilaksanakan guna mempersiapkan mahasiswa menjadi Guru di tingkat SLTP dan SLTA. Pada Tahun Akademik 1981, Program Diploma I dan II IPA mulai ditutup karena kebutuhan guru IPA di daerah-daerah dianggap sudah mulai terpenuhi, sedangkan Program Diploma III Biologi berjalan sampai tahun 1983 guna memenuhi kebutuhan guru Biologi di tingkat SLTA.
Pada tahun 1984, jenjang pendidikan Sarjana (S-1) mulai dibuka di Program Studi Pendidikan Biologi sesuai dengan Surat Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi No.43/DIKTI/KEP/1984 yang ditetapkan pada tanggal 18 Juli 1984. Seiring dengan hal tersebut, maka penyelenggaraan kegiatan akademik di Program Studi Pendidikan Biologi untuk jenjang S-1 mulai dilaksanakan pada bulan Agustus 1984, hingga sekarang.
Sampai saat ini, Program Studi Pendidikan Biologi telah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Dengan jumlah mahasiswa rerata pertahun mencapai 300-an orang, menjadikan Program Studi Pendidikan Biologi sebagai lembaga yang dapat dihandalkan dalam menghasilkan tenaga guru di Propinsi Riau khususnya dan di Indonesia umumnya.

Designed & Developed by ThemeXpert